You could put your verification ID in a comment Or, in its own meta tag Or, as one of your keywords Qudwah Community: Proposal Tebar Qur'an

Sabtu, 14 April 2012

Proposal Tebar Qur'an


PROPOSAL KEGIATAN TEBAR QUR’AN

Landasan Pemikiran
Tujuan dari Pendidikan Nasional tercantum dalam UUD 1945 :UUD 1945 (versi Amendemen) pasal 31 ayat 3 menyebutkan, "Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. "Namun dirasakan peningkatan keimanan dan ketaqwaan yang ada pada sebagian pemuda dan pelajar Indonesia sampai saat ini belum memberikan kegembiraan. Terutama dalam pemahaman dan pengamalan agama itu sendiri. Khususnya para pemuda dan pelajar yang muslim. Ini dapat dilihat dari kemampuan membaca Al-Qur·an sebagai kitab sucinya. Menurut data survei Biro Data Statistik (BPS) tahun 2010, 70% pelajar muslim belum mampu membaca Al-Qur·an dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan kurangnya porsi waktu yang disediakan untuk pelajaran agama,khususnya membaca Al-Qur·an.
Kemampuan membaca Al-Qur’an dapat mempengaruhi pemahaman dan perilaku pemuda dan pelajar itu sendiri sebagai aset bangsa di masa depan. Al-Qur·an sebagai sumber keimanan dan akhlak akan menyelamatkan anak negeri dari kehancuran moral, bila mereka dapat membaca Al-Qur·an dengan baik dan akrab dengannya sejak dini. Oleh karena itu kami Qudwah Community mengajak kepada seluruh orang tua, guru, dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam membimbing putra-putri kita agar dapat membaca Al- Qur·an dengan baik sesuai kaidah tajwid.Untuk mendukung putra-putri kita agar dapat membaca Al-Qur·an dengan baik sesuai kaidah tajwid, maka kami Qudwah Community akan menyelenggarakan TEBAR AL-QURAN bagi Pemuda dan Pelajar INDONESIA khususnya di Kota Bandung dan sekitarnya.
Allah SWT berfiman :
  “dan bacalah Al-Qur·an dengan tartil. (QS. Al-Muzzammil : 4)”

“dan sungguh telah Kami mudahkan Al-Qur·an untuk dipelajari (QS Al-Qomar: 17)”

Rasulullah SAW bersabda:
“Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan dituntut untuk mempertanggung jawabkan kepemimpinanyaµ. (HR. Bukhari, Muslim, danTirmidzi)”.

Gerbang pertama dari pintu-pintu kebaikan dan keutamaan adalah Al-Qur·anul Karim. Al-Qur·an-lah yang bisa membimbing kita menuju Allah SWT, menaati dan mengabdikan diri kepadaNya dengan baik. Al-Qur·an adalah firman Allah SWT yang diturunkan (kepada Nabi Muhammad SAW), yang mampu mematahkan kejeniusan bangsa Arab, kaum kafir, dan yang lainnya, untuk membuat tandingannya. Al-Qur·an adalah kebanggaan, kehormatan, dan kemuliaan kita.Dengannya, nabi kita Muhammad SAW dan orang-orang yang mengikuti beliau sampai hari pembalasan bisa merengkuh kejayaan.
                Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur·an dan mengajarkan nya. (HR. Bukhari, Tirmidzi, dan Ahmad).

 1.     Tujuan kegiatan
Adapun tujuan dari kegiatan tebar qur’an ini adalah:
·         Mengajak para orang tua, guru, dan masyarakat untuk lebih akrab dengan Al-Qur·an dan mengakrabkan kepada anak didik sejak dini.
·         Mengajak pemuda-pemudi, siswa-siswi khususnya siswa-siswi SMA/SMK untuk terus belajar Al-Qur·an sehingga dapat membacanya dengan tartil sesuai kaidah tajwid, menghafalnya, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.     Jenis Kegiatan
·         Kunjungan ke sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK di Kota Bandung dsk untuk tebar qur’an.
·         Kunjungan ke masjid-masjid (IRMA/DKM) dikota bandung dsk. Untuk tebar qur’an
·         Presentasi kepada sekolah-sekolah dan IRMA/DKM mengenai maksud dan tujuan dari kegiatan Tebar qur’an, 

3.     Penyelenggara Kegiatan
Penyelenggara kegiatan adalah Qudwah Community, ialah Komunitas muslim yang telah berdiri sejak 2006 yang mencoba mengajak banyak orang ( pemuda dan pelajar, sebagai penerus bangsa ) untuk membangun Masyarakat Madani dengan keteladanan dalam berpikir dan beramal, diawali dari sesuatu yang sederhana dan mudah namun bermanfaat bagi diri, keluarga, masyarakat dan bangsa ini.

4.     Objek Kegiatan
Objek kegiatan ini adalah para pelajar SMA/SMK dibandung, para pemuda yang aktif di IRMA/DKM di masjid-masjid kota bandung.

5.     Waktu kegiatan
Waktu dan Tempat Kegiatan dari Tebar Qur’an ini akan diselenggarakan dari mulai bulan mei 2012 dengan sasaran kegiatan ke sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK dan masjid-masjid di wilayah Kota Bandung. Kegiatan tebar qur’an ini berlangsung secara lanjutan, jadi kami berharap kegiatan Tebar qur’an ini dapat berlangsung kontinui.

6.     Teknis Pelaksanaan
Dengan mempertimbangkan pendanaan, jumlah dan jarak dari objek kegiatan, maka pelaksanaan kegiatan tebar qur’an ini akan dilaksanakan bertahap, secara periodik nantinya per 2 bulan akan dilakukan penyebaran al-qur’an ke SMA/SMK dan Masjid. Dengan perencanaan target bisa tersebar 5000 Al-qur’an di tahun 2012 dengan target awal mulai bisa dilakukan bulan mei dengan target  minimal 20 s.d 50 titik SMA/SMK dan Masjid atau sekitar 200 – 500 eksemplar al-qur’an

7.     Anggaran Biaya
Terlampir

8.     Susunan Panitia
Terlampir

9.     Sumber Dana
Adapun sumber dana dari kegiatan ini adalah berasal dari :
·         Swadaya Anggota
·         Donatur tidak tetap
·         Lembaga tidak tetap

10.   Penutup
Besar harapan kami agar Bapak/Ibu/Sdr/i dapat berperanserta memberikan perhatian dan dukungan atas kegiatan tebar qur’an yang akan kami laksanakan.
Demikian proposal dan permohonan donasi untuk kegiatan Tebar Qur’an dalam rangka ”mendekatkan dan mengakrabkan al-qur’an kepada anak didik sejak dini” ini kami sampaikan. Atas perhatian, bantuan dan kerjasama yang diberikan kami haturkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Bandung,  februari 2012

Ketua Pelaksana

                                                                                 
Sekretaris Jenderal Qudwah













_Salas Nofiar_


_Rhama taufika_






Menyetujui,



Penanggung Jawab















_Ferdian Saut_




Lampiran 1.
RENCANA ANGGARAN BIAYA TEBAR QUR’AN QUDWAH COMMUNITY
Alokasi Dana
Target
Harga
Jumlah dana
Biaya Pembelian    Al-qur’an        
5000
Rp  35.000
Rp 35.000

Rp   175.000.000
Biaya Transportasi


Rp         750.000
Biaya Komunikasi


Rp         500.000
Biaya Lain-lain


Rp         500.000
Total Pengeluaran


Rp    176.750.000









Total dana yang masih diperlukan (Donasi yang diharapkan)       Rp  175.550.000            
Bantuan berupa donasi dapat ditransfer melalui :
BNI Cabang ITENAS
No. Rek. 017.782.7700
a/n. Rhama Taufika
Bank BCA
No. Rek.337.158.3741
a/n.Taufik Maulani

Untuk memudahkan pengecekan serta pencatatan, setelah melakukan transfer mohon keikhlasannya untuk mengirimkan konfirmasi ke qudwah community via sms di 022-92484505 atau email ke communityqudwah@gmail.com, dengan format Tebar qur’an, Nama Donatur, Bank, Tanggal Transfer dan Jumlah Donasi
Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi:
Rhama Taufika
Mobile : 08987975746               BBM : 3131D5CE                          Email   : ramaume@yahoo.com

Lampiran 2.

SUSUNAN PANITIA PENYELENGGARA

KEGIATAN SOSIAL TEBAR QUR’AN QUDWAH 2012

Pelindung                             : KH. Miftah Faridl
                                                  KH. Athian Ali

Penanggung Jawab           : Ferdian Saut

Sek Jen Qudwah                 : Rhama Taufika

Ketua Pelaksana                 : Salas Nofiar

Bendahara                            : Yayat Nurhidayat

Seksi Transportasi              : Ihsan Najmudin

Seksi Humas, Publikasi     :  - Gunadi Abdullah
dan Dokumentasi                   - Taufik Maulani

Koordinator Lapangan       :  - Muhammad Trinadi Zanuar
                                                   - Rian Umar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar