You could put your verification ID in a comment Or, in its own meta tag Or, as one of your keywords Qudwah Community: Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup

Senin, 12 Maret 2012

Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup


CUKUPLAH AL QUR'AN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP



 اتَّبِعُواْ مَا أُنزِلَ إِلَيْكُم مِّن رَّبِّكُمْ وَلاَ تَتَّبِعُواْ مِن دُونِهِ أَوْلِيَاء قَلِيلاً مَّا تَذَكَّرُونَ 
"Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya . Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya)." (QS. Al A'raf (7) : 3)


وَاتَّبِعُوا أَحْسَنَ مَا أُنزِلَ إِلَيْكُم مِّن رَّبِّكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِيَكُمُ العَذَابُ بَغْتَةً وَأَنتُمْ لَا تَشْعُرُونَ
"Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya," (QS. Az Zumar (39) : 55)

وَهَـذَا كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُواْ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
"Dan Al-Qur'an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat." (QS. Al An'am (6): 155)

أَوَلَمْ يَكْفِهِمْ أَنَّا أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ يُتْلَى عَلَيْهِمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَرَحْمَةً وَذِكْرَى لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ
"Dan apakah tidak cukup bagi mereka bahwasanya Kami telah menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur'an) sedang dia dibacakan kepada mereka? Sesungguhnya dalam (Al Qur'an) itu terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman." (QS. Al Ankabut (29): 51)

أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ عَذَاباً شَدِيداً فَاتَّقُوا اللَّهَ يَا أُوْلِي الْأَلْبَابِ الَّذِينَ آمَنُوا قَدْ أَنزَلَ اللَّهُ إِلَيْكُمْ ذِكْراً

رَّسُولاً يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِ اللَّهِ مُبَيِّنَاتٍ لِّيُخْرِجَ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَمَن يُؤْمِن بِاللَّهِ وَيَعْمَلْ صَالِحاً يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَداً قَدْ أَحْسَنَ اللَّهُ لَهُ رِزْقاً
"Allah menyediakan bagi mereka azab yang keras, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang yang mempunyai akal; (yaitu) orang-orang yang beriman. Sesungguhnya Allah telah menurunkan peringatan kepadamu, (Dan mengutus) seorang Rasul yang membacakan kepadamu ayat-ayat Allah yang menerangkan (bermacam-macam hukum) supaya Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman dan beramal saleh dari kegelapan kepada cahaya. Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya." (QS. Ath Thalaq (65): 10-11) 



 URAIAN

AL A'RAF: 3 
Ummat manusia, terutama yang telah Muslim diperintahkan, bahwa supaya mereka mengikuti apa-apa yang diturunkan Allah, yaitu Al Qur'an dan jangan mengikuti pemimpin-pemimpin dan penolong selain dari pada Allah. Tetapi sedikit saja dari manusia yang mengerti akan pimpinan Al Qur'an itu dan yang suka mengambil pelajaran.

AZ ZUMAR: 33
Kita diperintahkan mengikuti sebaik-baiknya  dan sebagus-bagusnya apa yang telah diturunkan oleh Allah kepada kita (ummat manusia) yaitu Al Qur'an, sebelum datang siksa Allah kepada kita dengan sekonyong-konyong, sedang kita tidak menyadari dan tidak pula ingat. Siksa yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah siksa yang diturunkan ke dunia yang datangnya tiba-tiba, seperti bencana alam, peperangan dan sebagainya yang mendatangkan atau membawa kematian, kesengsaraan umum dan kebinasaan khalayak ramai.

AL AN'AM: 55
Al Qur'an yang telah diturunkan oleh Allah itu sebuah kitab yang diberkati, yang berisi penuh kebaikan untuk kepentingan manusia. Karna itu manusia diperintahkan agar mengikuti akan pimpinan Al Qur'an dan agar berbakti kepada Allah, agar diberi rahmat oleh Allah di dunia maupun di akhirat kelak.

AL ANKABUT: 51
ALLAH bertanya kepada manusia dan kepada ummat Muslim khususnya: "Tidakkah cukup Al Qur'an yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wsallam, yang dibacakan kepada mereka itu untuk dijadikan pedoman?"
Dengan ayat ini, mengertilah kita bahwa sesngguhnya AlQur'an itu telah cukup sebagai pedoman ummat manusia, baik pedoman untuk urusan lahir, maupun pedoman urusan bathin. Karena di dalamnya telah terkandung: 1) Pokok-pokok keterangan cara manusia ber-Tuhan kepada Rabb Yang Maha Esa. 2) Pokok-pokok keterangan tentang cara-cara manusia beribadah kepada Rabbul 'Alamin. 3) Pokok-pokok ketrangan tentang cara menusia bergaul dengan masyarakat di antara mereka dan urusan lain-lainnya yang menjadi hajat manusia di muka bumi.

ATH THALAQ: 10-11
Menjelaskan, Allah telah menurunkan peringatan kepada manusia, yaitu Al Qur'an, dan Dia telah mengutus seorang utusan, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang membacakannya kepada kita beberapa firman Allah yang terang. Agar dengan ayat-ayat itu ia keluarkan orang-orang yang telah beriman dan beramal shaleh dari gelap gulita ke dalam cahaya yang terang benderang. Orang yang ingin keluar dari kegelapan dan masuk ke dalam cahaya terang benderang, haruslah mengikuti pimpinan ayat-ayat Allah yang dibacakan oleh Rasulullah, yaitu Al Qur'an.


"Allah berfirman: "Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. (123) Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta".(124) Berkatalah ia: "Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?" (125) Allah berfirman: "Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamupun dilupakan". (126)" (QS Thaha (20): 123-126).

1 komentar:

  1. Al-Quran Sudah sedemikian hebat, tetapi mengapa ada sandingannya???

    dan selalu disandingkan dengan Hadits?????

    adakah tersurat, bahwa ada kitab selain al-quran yang harus di patuhi???

    BalasHapus